Cara menghasilkan uang dari internet dengan mudah baik lewat blog, toko online maupun lewat bisnis online lainya di internet!

Mengenal Apa itu Search Engine Optimization (SEO) Pentingkah?

Apa itu Search Engine Optimization (SEO) Pentingkah? – What is SEO ? hailah ngomong opo kui! Sebenarnya SEO itu penting dan tidak penting, tidak penting jika pembaca tidak suka dengan dunia blog ataupun tidak tau apa sebenarnya keuntungan dari SEO?, namun bagi para blogger tentu hal ini cukup penting, walaupun mungkin tidak semua blogger juga menggunakan ini, entah karena tidak tau atau mungkin karena males, tapi ada juga blogger yang nganggep ini gak penting karena dunia blog menurutnya adalah yang penting posting-posting dan posting, iya mungkin itu ada benarnya.

Terlepas dari penting dan tidak penting, penulis hanya ingin mengajak pembaca semua untuk lebih mengenal apa itu SEO ? selain pengertian kita juga akan membahas tentang manfaat dari SEO dan macam-macam dari SEO itu sendiri.

apa itu seo

Apa itu SEO ?

SEO atau Search Engine Optimization merupakan Optimisasi mesin pencari atau serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. (Wikipedia.org)

Jadi pada intinya SEO adalah alat yang digunakan untuk meningkatkan pengunjung suatu website secara gratis. Suatu website yang memiliki ranking yang baik dimata search engine maka akan berpeluang mendapatkan pengunjung lebih banyak. Sebagai contoh ketika kita mengetika sebuah kata kunci di pencarian google, maka website yang muncul di posisi teratas itulah merupakan website yang teroptimasi dengan baik dan jika kata kunci tersebut banyak yang nyari maka tentu akan banyak pengunjung dalam website tersebut, sebagai contoh seperti gambar di bawah ini.

apa itu seo

Nah kira-kira seperti itu ya, sampai disini sudah pahama ya ? jika belum tidak apa-apa nanti juga akan mengerti dengan sendirinya.

Lalu apa keuntungan dari SEO ?

Dari pejelasan di atas tentu sudah dapat ditebak apa manfaat dan keuntungannya. Jika pembaca saat ini sedang bisnis online menjadi publisher google adsense (baca : cara mudah daftar google adsense) dan memiliki website yang sudah teroptimasi maka keuntungannya adalah akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dan akan semakin besar kemungkinan yang mengklik iklan yang dipasang di website tersebut, lebih jelasnyaa berikut adalah beberapa keuntungan dari SEO: 

1. Mendatangkan Trafik yang Banyak dan Potensial

 
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa halaman website yang sudah teroptimasi dengan baik maka dampaknya adalah website tersebut akan memiliki peringkat yang baik juga dimata search engine, jadi pelung untuk mendapatkan traffic potensial semakin besar dan pengunjung potensial ini yang akan menjadi pendukung utama kesuksesan bisnis anda.

Sebagai contoh ketika ada yang mengetikan sebuah kata kunci atau keyword tertentu di search engine lalu mereka menemukan sebuah halaman website yang relevan berdasarkan kata kunci maka jika kata kunci tersebut sesuai dengan kata kunci website anda, maka kemungkinan besar mereka akan masuk dan kemudian menjadi pelanggan bisnis anda.

2. Meningkatkan Penjualan Produk 
 
Meningkatkan penjualan ? yap ini bisa sangat terjadi, sebagai contoh : jika produk yang kita jual adalah “baju korea” maka jika ada yang mengetikan kata kunci tersebut di search engine, maka  google secara otomatis akan menampilkan website yang relevan dengan kata kunci tersebut dan website yang menempati posisi pertama di search engine yang akan mendapatkan peluang lebih besar atas penjualan produknya.

Nah itulah keuntungan utama dalam penggunaan SEO tentu masih banyak lagi keuntungan lainya seperti meningkatkan daya saing, tidak memerlukan biaya untuk promosi bisnis kita (iklan) dll. Sampai disini sudah cukup mengerti ya? jika belum juga abaikan kita lanjut saja nanti pasti akan semakin bingung lagi, hahah….. tapi penulis yakin paling tidak sudah mengerti kemana arahnya, buka begitu ? okey kita lanjut…

Bagaimana cara menerapkanya ?

Nah untuk memulai menerapkannya maka ada beberapa aturan dan point penting yang harus kita perhatikan. Tenang ini tidak serumit yang dibayangkan, asalakan kita mau memahami tulisan saya yang tidak jelas ini, haha! Okey kita mulai

Pada dasarnya SEO dibagi menjadi dua macam yaitu SEO On page dan SEO off page, nah apa penjelasan dari dua macam itu, kita bahas bersama, berikut penjelasanya :

1. SEO On Page
 
Secara garis besar SEO On Page merupakan suatu cara mengoptimasi website yang dilakukan dari dalam website itu sendiri, seperti mengatur keyword ataupun deskripsi website dll. Sehinggan search engine akan mengetahui topik website kita tersebut atau istilah gaulnnya agar lebih seo friendly. Nah dibawah inilah beberapa point penting  dalam menerapkan SEO On Page:

•    Title Tag
•    Meta Tag, seperti meta description
•    URL  atau permalinks
•    Mengatur Heading (H1, H2, H3, H4)
•    Membuat konten yang seo friendly
•    Footer
•    Images Alt tag
•    Internal links
•    Sitemap
•    Tata letak SEO yang bersahabat

NB : Jika menggunakan platform wordpress bisa menggunakan plugin, seperti All in one seo, google xml sitemap, related post, ultimate plugins smart update pinger, dll.

2.  SEO Off Page
 
Pada intinya SEO Off page dijalankan dari luar website, yang pada dasarnya hanya mengacu pada teks dan konten pada halaman situs web tersebut, yaitu membangun backlink, apa itu backlink ? secara garis besarnya backlink merupakan link kita yang berada di situs orang lain. Namun dalam membangun backlik usahakan jangan sembarangan, artinya pilihlah website yang mempunyai reputasi baik di mata search engine. Seperti facebook, youtube, twitter, Wikipedia, wordpress, blogspot dll. Lali kenapa masti harus situs yang memiliki reputasi baik ? karena search engine seperti google misalnya itu sangat suka dengan yang namanya backlik yang berkualitas yaitu backlink dari situs terpercaya dan memiliki PageRank tinggi.

Giamana sampai disini sudah paham apa itu SEO ? penulis yakin pasti jika membaca dengan baik-baik akan paham,semoga. Nah demikian posting kali ini semoga dapat menambah wawasan kita semua seputar SEO, jangan lupa baca juga SEO TOOLS Terbaik dan gratis. Salam kopi hitam
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Apa itu Search Engine Optimization (SEO) Pentingkah?