Setelah login di akun google adsense anda, kita akan
menemukan beberapa istilah yang akan sering kita gunakan, tentu kita harus
memahami istilah-istilah tersebut agar kita dapat memaksimalkan pendapatan
kita, karena hal ini juga berhubungan dengan perhitungan komisi.
Berikut beberapa istilah tersebut:
Publisher
Adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan
memasang iklan Adsense di situs mereka.
Ad Units
Yang di maksud Ad Units adalah iklan adsense itu sendiri,
terdapat berbagai macam ukuran dan jenis yang berbeda.
Link Units
Sebenarnya Link Unit hampir sama dengan Ad Units, yang membedakan
Link Units formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di
situs-situs web.
Adsense for content
Adalah jenis iklan adsense yang di pasang di dalam suatu
halaman. Iklan yang muncul adalah iklan yang berhubungan dengan isi halaman
tersebut.
Alternate Ads
Pada adsense for content iklan tidak selalu muncul, sebabnya
antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs
sudah habis.
Channels
Channel bisa kita
artikan semacam label yang dapat memberikan pada Ad Units, Link Units, Adsense
for content dan sebagainya.
Page Impressions
Adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang
mengandung Ad Units di buka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh
seberapa banyak Ad Units yang ada di halaman yang bersangkutan.
Clicks
Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher.
CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang
di terima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut.
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher,
jika ada Ad Units tertentu diklik.
eCPM (Effective CPM)
ECPM atau biasa di sebut CPM (Cost Per Million) adalah hasil
pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per
1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklanya.
Traffic
Adalah Visitor (Jumlah pengunjung).